Cara mengatasi 100 cpu usage - software

Cara mengatasi 100 cpu usage – Ketika sedang asyik menggunakan laptop atau komputer kita biasanya menjadi hang karena terlalu lama digunakan atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan. Hang akan terjadi dan komputer mengalami 100% CPU usage. Biasanya perintah yang kita berikan tidak dapat direspon dengan cepat. Dan hal ini wwajar saja terjadi bila kondisiya demikian.
Namun, pada beberapa kasus ditemukan bahwa pada kondisi baru digunakan atau masih kondisi IDle beberapa komputer sudah mengalamai 100% CPU usage walaupun hanya membuka 1 aplikasi ringan saja.
Bila sudah begini maka komputer sudah tidak nyaman lagi digunakan karena sering mengalami hang akibat processor bekerja terlalu berat dan menyebabkan panas. Bila hal ini terjadi sebaiknya jangan diabaikan karena dapat merusak komponen jaringan yang lainnya pula.
Untuk melihat berapa besar Komponen CPU Usage anda silahkan buka aplikasi Task manager atau bisa menggukana Short cut dengan menekan CTRL + ALT + DElKemudian anda mengklik tab performance dan melihaat data CPU pada posisi antara 5 % sampai 80% itu normal.
Berikut ini CPu usage computer saya ketika membuka Google Chrome
image
Pada kesempatan kali ini kita akan berikan artikel mengenai cara mengatasi 100 % CPU usage.
1. Matikan program yang sedang berjalan
Kadang – kadang kita tidak menyadari terdapat program yang berjalan sendiri tanpa sepengerahuan anda dan justru memakan banyak memori. Biasanya pada windows terdapat aplikasi SVCHOST.exe yang berjalan hingga beberapa aplikasi. Biasanya aplikassi ini virus atau palsu yang masuk ke dalam komputer anda.
Cara mematikannya yaitu dengan masuk kembali ke dalam aplikasi windows task manager lalu pilih tab PROCESSES.
Setelah itu anda mencari aplikasi bernama SVCHOST.exe kemudian anda pilih matikan dengan cara mengklick kanan pada aplikasi yang dipilih dan klick End Process. Klick Yes bila ada peringatan muncul. Seperti dibawah ini.
image
Jika anda telah melakukan langkah tersebut namun komputer masih saja tetap mengalami 100 % cpu usage cobalah lakukan langkah berikut ini.
1. Cek suhu pada cpu anda menggunakan aplikasi pengecek suhu. Bila ternyata komputer memiliki suhu tinggi bisa jadi terdapat masalah pada bagian pendinginan seprti fan. Cobalah untuk memperbaikinya agar proses pendinginan dapat lebih baik.
2. Scan komputer dengan menggunakan antivirus untuk menghilangkan virus yang tidak terdeteksi oleh anda. Carilah antivirus terbaik dan terupdate.
3. Matikan semua program tidak penting pada saat dinyalakan dengan membuka program startup. Cara membukanya yaitu klick Run – Ketikkan “Msconfig” tanp tanda petik. Tekan Ok lalu pada tab startup / service hilangkan centang pada program yang ingin dimatikan ketika windows booting.
4. Perbaiki registry yang eror. Biasanya terdapat banyak registry yang eror akibat terlalu lama pemakaian. Bila anda tidak megnerti sebaikya gunakan software untuk memperbaiki registry dengan cepat.